MANFAAT DAN MAKNA KURBAN BAGI ANAK-ANAK

Kegiatan berkurban pada dasarnya bukan hanya sekedar ritual ibadah semata. Lebih dari itu, kegiatan berkurban juga dapat menjadi sarana edukasi bagi anak untuk mempelajari apa makna dan manfaat berkurban dalam kehidupan.

Salah satu yang pasti tentunya  percaya pada Allah, dimana Allah pasti punya rencana yang baik terhadap hamba-hambaNya. Di samping itu ibadah berkurban dapat memperkenalkan pada anak bahwa untuk mencapai sebuah tujuan, diperlukan pengorbanan. Dengan begitu, anak-anak akan menyadari bahwa hidup tidak selalu 'menawarkan' kemudahan. Sehingga, pada suatu titik, anak perlu melakukan suatu pengorbanan untuk mencapai tujuan yang ingin mereka raih.

Selanjutnya anak juga bisa melihat bahwa pengorbanan itu bagian yang penting dari mencapai tujuan. Dengan demikian anak menyadari bahwa tidak semuanya bisa senang-senang dan tidak semuanya pula gampang didapatkan.

Yang tak kalah penting, berkurban juga memperkenalkan anak mengenai welas asih kepada sesama dan tanggung jawab terhadap harta yang dimiliki. Alasannya, melalui berkurban anak-anak akan menyadari bahwa ada sebagian hak orang tidak mampu di dalam harta yang mereka miliki. Menyisihkan sebagian uang jajan untuk membeli hewan kurban secara patungan merupakan salah satu contoh tindakan yang bisa menanamkan nilai welas asih dan tanggung jawab ini kepada anak.

Agar anak bisa memahami nilai-nilai ini, maka orang dewasa perlu memberikan edukasi mengenai esensi dari kegiatan berkurban. Akan jauh lebih baik dampaknya jika anak-anak tidak sekedar mengetahui berkurban sebagai ritual ibadah tapi memahami esensi yang ada di balik ibadah kurban tersebut.

Selain itu, penanaman nilai-nilai baik yang terdapat di balik kegiatan berkurban juga seharusnya tidak hanya diberikan pada momentum khusus seperti hari raya saja. Nilai-nilai baik ini seharusnya juga diberikan secara terus-menerus pada anak di dalam keseharian. Tentu saja konsistensi sangat penting dalam hal ini.

Sumber: Republika

0 Response to "MANFAAT DAN MAKNA KURBAN BAGI ANAK-ANAK"

Posting Komentar

Copyright Perawang Info®. Diberdayakan oleh Blogger.